Rabu, 14 November 2018

Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital



Sekarang ini, mata memiliki tugas lebih berat dibanding masa lalu. Pasalnya, manusia di era millenial sekarang sulit melepaskan diri dari perkembangan teknologi dan pemanfaatan gawai, lantaran itu sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.
Mata juga bekerja lebih keras karena banyak menghabiskan waktu untuk kerja-kerja digital seperti menatap layar monitor PC, laptop, maupun ponsel. Seringkali kita tidak menyadari bahwa kebiasaan menatap monitor bukan hanya mengganggu kulitas penglihatan, lebih dari itu, juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan lain seperti sakit kepala atau rasa nyeri di bagian pundak.
Berikut ini tips yang disampaikan dokter Nathan Bonilla-Warlord, OD, konsultan sekaligus penyedia layanan kesehatan mata di Tampa, Florida, Amerika Serikat, mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk melindungi mata dari tugas-tugas digital.

1. Gunakan posisi paling nyaman
Usahakan agar Anda dapat bekerja dengan nyaman. Sedapat mungkin, pakailah layar monitor berukuran besar, untuk kenyamanan mata Anda. Semakin kecil ukuran layar, maka kerja mata akan semakin berat. Cari posisi duduk paling nyaman, untuk mereduksi tingkat stres di mata lantaran terus mencari sudut pandang yang terbaik.

2. Pencahayaan harus cukup
Kualitas pencahayaan ruangan sangat mempengaruhi penglihatan. Kadar pencahayaan juga harus pas. Bukan hanya cahaya dari monitor, tetapi juga pencahayaan ruangan. Sebaiknya tidak terlalu terang, juga tidak terlalu redup.

3. Sesuaikan sudut baca Anda
Sudut baca atau sudut penglihatan sangat perpengaruh terhadap kenyamanan mata. Aturlah posisi layar sedemikian rupa, sehingga Anda bisa melihatnya agak ke bawah, dengan jarak sekitar 24 hingga 28 inci atau sekitar 61 hingga 71 cm. Pastikan juga layar monitor disetting dengan tingkat kecerahan dan kontras yang tepat.

4. Perbesar teks di layar
Jika huruf atau gambar dirasa terlalu kecil, maka mereka yang memiliki masalah dengan penglihatan bisa memperbesarnya, untuk membantu meringankan kerja mata. Hampir semua gadget bisa disetting untuk menampilkan teks maupun gambar yang lebih besar.

5. Memejamkan mata sejenak
Ketika mata dirasa mulai lelah, cobalah pejamkan sejenak. Hal ini penting untuk merefresh mata. Bisa juga dengan mengalihkan pandangan ke arah yang lebih jauh dari monitor, dalam hitungan detik, kemudian kembali lagi ke monitor.

6. Relaksasi mata
Lakukan relaksasi mata dengan mengompresnya sebelum tidur di malam hari. Bisa dengan irisan mentimun yang diletakkan pada mata terpejam, bisa juga menggunakan pengompres mata berupa lembaran gel dingin yang bisa didapat di apotek atau toko obat.  ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar