Selasa, 13 November 2018

Mengukur Kebugaran Otak Melalui Kepalan Tangan




Ada banyak cara untuk mengukur kebugaran otak, di antaranya menggunakan perangkat scan otak, mengikuti psikotest, atau dengan cara tes daya ingat. Namun, hasil penelitian terbaru menemukan cara paling mudah dan sederhana untuk mengukur kebugaran otak, yakni melalui kepalan tangan.
Hasil penelitian ini dilaporkan jurnal Schizophrenia Bulletin tahun 2018, yang menyebutkan bahwa kesehatan otak manusia dapat dilihat dari kekuatan kepalan atau genggaman tangannya. Semakin kuat genggamannya, maka semakin kuat pula ketajaman otaknya.
Fakta ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Dr. Joseph Firth, dan melibatkan sejumlah 475.397 responden di Inggris. Orang-orang dengan genggaman kuat memiliki kecepatan reaksi otak terhadap stimulus. Selain itu, kekuatan genggaman juga menunjukkan kemampuan plus saat memecahkan pesoalan secara rasional.
Genggaman tangan memang terkesan sederhana. Hanya dengan melihat genggaman, masa iya bisa nyambung pada kemampuan otak. Tetapi, perlu diketahui juga bahwa genggaman tangan yang kuat tidak diperoleh begitu saja. Keadaan ini perlu ditunjang asupan protein yang memadai, disertai olah fisik yang mumpuni. Tanpa keduanya, mustahil genggaman tangan akan kuat. Silakan buktikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar