Rabu, 14 November 2018

Memanjakan Otak Dengan Makanan Bergizi



Otak adalah salah satu organ tubuh yang kita gunakan setiap hari. Kadang, kita luput untuk merawatnya dengan baik. Sekali-kali, tak ada salahnya kita manjakan otak dengan makanan yang dibutuhkannya, agar kinerjanya selalu istimewa. Bagaimana caranya? Tidak sulit kok, ini dia.  

1. Kafein dalam porsi cukup
Zat tertentu seperti kafein mungkin tak akan membuat Anda menjadi cerdas dalam sekejap. Tetapi, kafein mampu meningkatkan daya konsentrasi Anda. Bahan ini terdapat dalam kopi, cokelat, minuman energi, juga teh kental. Namun, efek positif kafein ini hanya berlangsung dalam jangka pendek.

2. Gula untuk meningkatkan kewaspadaan
Diam-diam, otak menyukai gula sebagai bahan bakar favorit. Tetapi bukan gula dapur, melainkan gula hasil proses kimiawi karbohidrat atau gula alamiah yang terdapat dalam buah-buahan yang Anda makan. Maka, jangan ragu untuk mengonsumsi jus buah tanpa gula ketika otak Anda sedang bekerja keras.

3. Telur dan susu untuk sarapan
Jangan pernah lewatkan sarapan pagi, walaupun Anda sedang diet. Beberapa studi melaporkan bahwa sarapan pagi terbukti efektif untuk memperbaiki ingatan dan fokus otak jangka pendek. Walaupun begitu, hindari porsi yang terlalu besar saat sarapan, karena bisa menimbulkan rasa kantuk. Telur, roti, dan kacang-kacangan utuh seperti kacang almon, kacang tanah, susu, dan kenari, dinilai sangat pas untuk variasi menu sarapan Anda.   

4. Ikan paling disukai otak
Ikan kaya akan sumber protein yang meliputi asam lemak Omega 3. Asam lemak ini merupakan bahan penting bagi kesehatan otak. Zat ini juga mampu menjaga performa otak hingga kita beranjak tua. Konsumsilah ikan setidaknya dua kali dalam seminggu.

5. Kacang-kacangan dan cokelat
Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber protein yang baik sebagai “pakan” otak. Selain itu, biji-bijian juga merupakan sumber antioksidan yang oke, dan mampu menghambat penurunan kognitif seiring bertambahnya usia, demikian pula dengan cokelat hitam, yang mampu menjaga konsentrasi serta meningkatkan fokus otak.

6. Sertakan alpukat dalam menu harian
Tak ada salahnya Anda menyertakan alpukat dalam menu harian Anda. Buah dengan citarasa gurih ini mampu melancarkan aliran darah, dan menyehatkan jantung serta bisa meningkatkan aktivitas otak. Walaupun otak mengandung lemak, tetapi lemak alpukat merupakan lemak baik yang menyehatkan tubuh.

7. Teh hijau, wangi dan menyehatkan
Konsumsilah teh beraroma wangi ini setiap hari. Bahan ini mengandung antioksidan dalam kadar tinggi, dan memiliki efek relaksasi yang dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Kandungan dalam teh hijau juga bisa meningkatkan daya respons otak hingga tingkat maksimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar