Selasa, 13 November 2018

12 Kiat Hidup Sehat Tanpa Obat



Siapapun ingin hidup sehat, dan sebisa mungkin menjauhi yang namanya obat. Bukan rahasia, walaupun berkhasiat menyembuhkan dan menyehatkan, namun obat sarat bahan kimia yang bisa mendatangkan efek negatif bagi tubuh.
Berikut ini ada 12 tips yang bisa diikuti agar tubuh tetap sehat, sehingga Anda bisa menjalani hidup ini dalam kondisi segar bugar, tanpa harus mengakrabkan diri dengan obat-obatan.

1.       Mengenal kondisi diri sendiri
Sangat penting mengenali kondisi kesehatan diri sendiri, secara fisik maupun kejiwaan. Hal ini perlu diketahui, agar kita tidak melakukan kesalahan dalam memperlakukan tubuh. Tubuh yang terlalu kurus, terlalu gemuk, segar bugar, mudah lelah, masih muda, atau tidak lagi muda, tentu membutuhkan perlakuan yang tidak sama.

2.       Jangan terburu-buru minum obat
Karena tak ingin sakit, kadang kita terlalu cepat memutuskan untuk minum obat. Baru beberapa kali bersin saja, sudah langsung mengonsumsi obat flu. Atau ketika tubuh sedang sangat lelah, lantas langsung minum obat pegal-pegal. Padahal kadang kondisi seperti itu hanya merupakan indikator bahwa kita sedang butuh istirahat, bukan butuh obat.

3.       Menyesuaikan menu makan dengan usia
Sesuaikan kandungan gizi makanan dengan usia. Komposisi gizi yang diperlukan setiap tubuh juga tidaklah sama,  tergantung kondisi, macam kegiatan, maupun berdasarkan pada umur.

4.       Berolahraga secara teratur
Sebaiknya tidak malas berolahraga, karena aktivitas ini dapat memperlancar peredaran darah, menguatkan jantung dan paru-paru, sehingga membuat tubuh senantiasa bugar dan sehat. Hindari pula berolahraga melebihi kekuatan tubuh.

5.       Selalu menjaga kebersihan
Biasakanlah untuk selalu menjaga kebersihan. Lingkungan dan tubuh yang bersih akan mendatangan perasaan yang segar dan nyaman.

6.      Menyisihkan waktu untuk refreshing
Hindari terus menerus bekerja. Lakukan penyegaran tubuh dan pikiran melalui refreshing. Tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Cukup luangkan 10-15 menit ketika ada mulai dilanda kejenuhan saat bekerja.

7.      Melakukan variasi menu
Melakukan variasi menu sering dianggap enteng, tetapi sebetulnya ini penting, agar apa yang Anda makan bisa saling melengkapi untuk kepentingan tubuh. Sekali-kali, gantilah nasi dengan bahan pangan pokok lainnya, misalnya kentang, gandum, atau roti tawar.

8.      Pilih cara hidup natural
Hindari terlalu sering mengonsumsi makanan instan atau berbagai bahan pangan suplemen yang kaya akan bahan kimia. Makanan yang diolah sendiri di rumah dan bersumber dari bahan-bahan alami tentu akan lebih baik dibanding makanan siap saji yang serba instan.

9.      Lakukan olah napas secara teratur
Walau tak perlu sering, namun lakukan secara teratur olah napas, dengan mengambil udara dalam-dalam, menahannya sejenak, kemudian melepasnya kembali pelahan. Hal ini penting untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Lakukan di pagi hari, saat udara masih bersih.

10.   Biasakan membaca literatur kesehatan
Hal ini penting, agar Anda memiliki wawasan plus mengenai kesehatan, sehingga tak perlu pusing-pusing mencari buku kesehatan atau googling, saat sesuatu terjadi pada tubuh. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan segera.

11.   Hindari nikotin
Hal ini berlaku bukan hanya bagi perokok aktif. Bagi perokok pasif pun, tak kalah pentingnya. Hindari area yang mengandung asap rokok, karena bisa mengganggu kesehatan beberapa organ tubuh. Sedangkan bagi perokok aktif, berhenti merokok tentu lebih baik.

12.   Jangan lewatkan buah-buahan
Jangan singkirkan buah-buahan dalam menu harian Anda. Buah-buahan dikenal kaya akan vitamin antioksidan yang mampu menangkis berbagai radikal bebas ekstraselular, sehingga berdampak positif bagi daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar